Langsung ke konten utama

5 Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Introvert Untuk Mengisi Waktu Luang?? Yuk disimak!!!

Sumber : Pexels by Photo by Andrea Piacquadio

Halo, Curious People?? Mungkin banyak dari kalian yang tahu ada 2 tipe kepribadian seseorang didunia ini. Yap bener Extovert sama Introvert, dua kepribadian tersebut sangatlah bertolak belakang. 

Dilansir dari zenius.net ada hal yang membedakan diantara dua kepripadian itu. Menurut Crul Jung (1921) yang membedakan antara dua kepribadian tersebut adalah sumber dan arah dari ekpresi energi individu. Seorang introvert saat berpikir, mersakaan, dan bertindak dengan cara menunjukkan bahwa subjek tersebut adalah faktor motivasi utama. Sebaliknya seorang extrovert mengarahkan minatnya ke lingkungan sekitar; mereka berpikir, merasakan, dan bertindak sehubungan dengan faktor external, bukan faktor internal. 

Mudahnya seorang introvert dalam mendapatkan energi biasanya didapatkan dari faktor internal dari dirinya biasanya dengan cara menyendiri seperti membaca buku didalam kamar, merenung, melamun atau bahkan healing dangan jalan-jalan sendiri tanpa intervendi dari orang lain. Berbeda dengan seorang extrovert yang biasanya mendapatkan tambahan energi dari faktor external dengan cara bertemu dengan banyak orang.

Tapi, jangan kalian berpikir menjadi seorang introvert adalah kekurangan ya. Tapi juga tidak dibenarkan apabila kalian merasa menjadi seorang introvert lantas membatasi kalian untuk beraktivitas dan selalu berproduktif setiap hari. Hei di zaman sekarang sudah banyak orang yang sadar apalagi merekal yang merasa menjadi seorang introvert untuk tidak menjadikan halangan untuk terus berkembang. Kalau kalian masih bingung kira - kira hal positif apa saja yang bisa dikerjakan walaupun kalian seorang intovert. Mungkin ide ini bisa kalian coba atau bahkan sudah pernah kalian lakukan. Menurut pengalaman pribadi dan referensi dari penulis berikut hal yang bisa dicoba lakukan untuk kalian kaum introvert. 

1. Membaca Buku

Sumber : Pexels by Min An

    Banyak orang yang tahu kebiasaan membaca mungkin tidak jauh dari aktivitas seorang introvert. Mungkin tidak semua kaum introvert suka membaca, tapi jika kalian tahu membaca bisa menambah pengetahuan dan wawasan loh. Dengan kalian membaca kalian bisa menjelajahi tempat, belajar dengan perspektif baru dan pengetahuan baru. Membaca juga bisa menghilangkan kejenuhan. Banyak hal atau tema yang bisa dipilih untuk memulai aktivitas membaca, sesuaikan dengan minat kalian. Kalian bisa memilih genre novel romansa, fiksi, fantasi, buku sejarah, budaya dan lain sebagainya. 

Tapi jika kalian bingung untuk memulai aktivitas membaca tapi tidak punya bugdet kalian tenang saja. Tips untuk meminjam buku diperpustakaan umum bisa menjadi opsinya, kalau kalian malas untuk berangkat ke perpustakaan kalian cukup bisa memulai lebih dulu dengan membaca artikel yang banyak disediakan secara online, atau bahkan kalian bisa membaca e-book dari Google PlayBook.

2. Menulis atau Journaling

Sumber : Pexels by Alina Vilchenko

    Aktivitas menulis juga bisa menjadi opsi atau kegiatan positif yang dilakukan seorang introvert. Jangan khawatir, apabila kalian merasa menulis harus membutuhkan keahlian khusus sehingga membuat kalian merasa tidak percaya diri. Kalian bisa memulai dengan melakukan journaling setiap hari. Hal yang pertama dilakukan kalian bisa menulis hal apa saja yang sudah kalian lakukan di hari tersebut. Perasaan apa saja yang sudah kalian rasakan hari itu. Kalian bisa menuangkan semua hal itu dalam journal pribadi kalian. Jika suatu saat kalian ingin mengembangkan tulisan kalian kaian bisa memulai menulis ceritan pendek, artikel atau bahkan menulis sebuah blog. 

3. Bikin DIY (Do It Yourself)

Sumber : Pexels by Karolina Kaboompics

    Sebagai seseorang yang merasa diriku introvert, saya memiliki hobi membuat sesuatu hal. Karena saya merasa ada banyak waktu yang saya luangkan untuk diri saya sendiri. Jadi saya banyak berpikir hal apa yang bisa saya buat di waktu luang saya menyendiri. Sehingga mulailah ide saya untuk belajar merajut, membuat makrame hingga buket bunga. Siapa tahu, jika kalian mencoba hobi tersebut bisa mendatangkan usaha sampingan untuk anda.

4. Meditasi

Sumber : Pexels by Pressmaster

    Meditasi merupakan salah satu kegiatan positif yang dilakukan untuk seorang introvert yang senang dengan suasana sunyi dan menenangkan. Meditasi juga memiliki dampak posisf untuk menyembuhkan stress, mengurangi kecemasan dan meningkatkan kebahagiaan. Carilah waktu tenang untuk melakukan meditasi. Namun, jika kalian gampang terganggu lebih baik mengikuti kelas yoga atau meditasi untuk memberikan dampak maksimal. 

5. Olahraga

Sumber : Pexels by Tirachard Kumtanom

    Olahraga merupakan kegiatan kelima yang bisa dilakukan oleh seorang introvert. Beberapa kegiatan seperti jogging, bersepeda, gym, pilates dan lain sebagainya bisa menjadi inpirasi kegiatan positif yang dilakukan seorang introvert. Olahraga bisa meningkatkan produksi hormon dopamin dalam tubuh sehingga meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi stress. Olahraga juga bisa dilakukan dan kapan saja tanpa biaya yang mahal.

Meskipun kamu merasa menjadi seorang introvert, kamu tidak perlu merasa malu untuk memulai kegiatan positif untuk mengisi waktu luangmu. Jangan karena kamu merasa dirimu intovert sehingga membatasi dirimu untuk melakukan kegiatan positif diluar sana. Itulah tips yang bisa saya bagikan untuk kalian. Semoga bisa menjadi inspirasi dan bermanfaat untuk kalian yaa. See You.... 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Lapor SPT Tahunan Pribadi 2024, Pengen Tahu Yuk Di Baca !!!

  Bagaimana cara lapor SPT tahunan yang benar ? Ribet gk sih sebenarnya prosesnya? Apa harus datang langsung ke kantor pajak terdekat untuk lapor SPT tahunan?. Buat sebagian orang mungkin ini pertama kalinya kalian melakukan lapor SPT tahunan? Apalagi ditahun pertama setelah kalian resmi menjadi karyawan di salah satu perusahaan? Diawal tahun nantinya kalian akan dibagikan formulis 1721 A1/A2 sebagai bukti pomotongan pajak penghasilan Pasal 21 bagi karyawan tetap. Lantas bagaimana cara lapor SPT tahunan yang baik dan benar ? Kalo misal ada orang yang tidak lapor apakah akan dikenakan sanksi? Yuk mari kita bahas di selengkapnya. Apa itu SPT? SPT atau Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan adalah surat yang digunakan untuk melaporkan perhitungan dan/atau pembayaran pajak, objek pajak dan/atau bukan objek pajak, dan/harta dan kewajiban sesuai dengan ketentuan peraturan perundang - undangan di bidang perpajakan. Biasanya SPT tahunan berbentuk dokumen elektrinik e-Filling ( web, e-fo

Cara Mengatasi dan Mengendalikan Overthinking

Cara Mengatasi dan Mengendalikan Overthinking Sumber :  https://www.pexels.com/photo/woman-sitting-in-front-of-macbook-313690/ Hai guys, pernah gak sih kalian dihadapkan situasi yang belum terjadi tapi pikiran-pikiran negatif yang berlebihan sudah memenuhi otak kalian? Atau simpelnya kalian pernah gak memikirkan suatu hal sampai gak bisa tidur, nafsu makan menurun, gk bisa fokus waktu ngerjain hal yang lain, pekerjaan jadi terbengkalai? Lalu biasanya apa yang kalian lakukan untuk mengatasi pikiran yang terlalu berlebihan tersebut? Menjadi seorang yang hampir seperempat abad pasti sebagian besar pernah mengalami ini. Memikirkan penyesalan masa lalu yang tidak bisa diulang hingga memikirkan bagaimana masa depan nantinya. Sebagian orang tidak bisa mengendalikan ini, tapi untuk ukuran seorang introvert sepertiku overthinking merupakan hal yang sangat mengganggu. Terkadang  aku menyadari memikirkan segala sesuatu yang belum terjadi itu sama dengan membuang-buang waktu. Tapi jujur aku bingun

Review Film Charlie and The Chocolate Factory (2005)

Haloo, Curious Poeple . Sekarang ada cara baru nich untuk  menyapa teman - teman pembaca semua. Semoga kalian selalu menjadi orang yang selalu penasaran untuk hal-hal baru yaa.... Seperti, film yang akan saya rekomendasikan kali ini. Oh ya untuk review film kali ini saya tidak sendirian, karena saya bersama para penulis Sabtu Moviedate  yaitu Kak Asri , Kak Ekata dan Kak Febi ingin memberikan ulasan mengenai Film Charlie and The Chocolate Factory (2005).     Film Charlie and The Chocolate Factory (2005)  tergolong film petualangan yang bercerita mengenai seorang anak kecil bernama Chalie Bucket  yang diperankan oleh  Freddie Highmore  yang sangat miskin tinggal di dekat pabrik coklat milik Willy Wonka yang diperankan oleh  Johnny Depp. Charlie tinggal bersama orang tua dan keempat kakek neneknya. Pabrik coklat yang dulunya sangat terkenal ini ditutup oleh Willy Wonka dikarenakan adanya spionase yang dilakukan oleh saingannya. Kakek Joe yang diperankan oleh David Kelly  dulunya perna